Senin, 18 Juli 2016

Menciptakan dan Mrndekorasi Ruang Baca di Rumah

Buku memainkan peran yang sangat penting karena tidak hanya memberikan informasi dan menambah pengetahuan,  namun dapat dijadikan aktifitas ketika kita sedang luang untuk membacanya. Beberapa orang sangat menyukai untuk membaca buku di perpustakaan ataupun toko buku. Namun, banyak juga yang senang membaca buku di tempat dan ruangan pribadi yang dimilikinya agar lebih nyaman dan tenang.
 
 
 

Untuk Anda yang ingin membuat dan menciptakan ruang baca pribadi dirumah, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti :


1. Pemilihan Ruang

Hal pertama yang kita tentukan adalah pemilihan ruang untuk baca di rumah Anda. Jika Anda memiliki   rumah yang besar, maka Anda dapat membuat ruang baca terpisah untuk diri sendiri. Namun, jika Anda memiliki apartemen yang tidak luas, maka Anda harus tentukan tempat untuk menampung rak buku dan kursi.
 
 
 
Akan lebih baik jika Anda bisa mendapatkan tempat yang hangat dan nyaman serta memberikan sinar matahari yang cukup. Jika Anda tidak menemukan tempat seperti yang diinginkan, maka Anda dapat menempatkan sebuah rak buku dekat jendela di kamar tidur. Solusi lainnya untuk ruang yang sempit adalah penggunaan tangga yang ada diruang rumah, yaitu dengan cara menggunakan tempat kosong dibawah tangga untuk membuat perpustakaan kecil dengan cara membuat lemari kecil dibawah tangga tersebut.



2. Penerangan

Pertimbangan selanjutnya adalah pencahayaan. Ketika kita membaca buku atau majalah, memerlukan unsur penting cahaya yang cukup agar tidak merusak mata kita. Anda dapat menggunakan sinar matahari saat membaca buku di siang hari. Ketika malam hari tiba, Anda dapat menempatkan lampu meja. Pilihlah lampu yang baik dan bersahabat dengan kondisi mata kita agar lebih nyaman dan tidak merusak mata.
 
 
 
 

3. Furniture

Anda tidak perlu membeli furniture serta perangkat perabotan baru dan mahal untuk menciptakan ruang baca yang nyaman. Yang kita perlukan adalah menggunakan furniture yang sudah kita miliki di rumah kita sendiri. Furniture yang diperlukan biasanya hanya meja, kursi, serta lemari untuk menyimpan buku bacaan kita. Kita dapat juga menempatkan barang elektronik seperti alat pemutar musik untuk Anda yang menyukai dan menikmati musik ketika membaca buku atau majalah.
 


4. Tempat Duduk Nyaman

Pilihlah kursi dengan lengan sisi dan sandaran yang tepat agar ketika membaca lebih nyaman. Tempat duduk seperti sofa yang lembut dan empuk dapat juga kita pilih agar saat kita membaca buku lebih nyaman. Tempatkan juga meja kecil untuk penempatan makanan ringan, serta minuman hangat untuk menemani ketika anda membaca.
 
 
 
 

5. Pemilihan Warna Ruangan

Warna akan sangat berpengaruh terhadap suasana hati. Untuk itu, pilihlah warna cat  dengan warna yang menenangkan. Anda dapat memilih warna yang lebih ringan dan soft, dan tidak terlalu mencolok agar mata Anda tidak terlalu lelah dalam membaca.
 
 
 


6. Rak Buku

Koleksi buku anda tentunya harus disimpan secara rapi dan bersih agar ketika Anda mencari buku tersebut akan lebih mudah untuk menemukannya. Untuk itu rak buku diperlukan untuk menyimpan koleksi tersebut. Anda dapat menutupi rak tersebut dengan penutup kacaagar buku selalu bersih dan jauh dari debu.
 

 

7. Dekorasi Ruang Baca

Sedikit dekorasi pada ruangan baca diperlukan untuk mengalihkan fokus saat mata kita terasa lelah saat lama membaca buku. Untuk itu, Anda dapat menghiasi ruang baca Anda dengan beberapa tanaman hijau untuk memberikan sentuhan alami, atau menambahkan lukisan pada dinding ruang tersebut.





 https://en.wikipedia.org/wiki/Reading_room

Tidak ada komentar:

Posting Komentar