Kamis, 21 Juli 2016

Cara Membasmi Rayap pada Furniture

Seperti yang kita ketahui beberapa barang yang ada disekitar kita berbahan dari kayu, mulai dari pintu, jendela, kusen, bahkan perabot furniture dirumah kita. Tak jarang jika beberapa produk dari furniture kayu yang kita miliki dirumah tanpa disadari telah usang karena lapuk akibat rayap.

Rayap merupakan binatang pengerat kayu yang bertekstur lunak dan menyukai tempat yang lembab dan gelap. Secara alamiah rayap dianggap serangga yang menguntungkan karena membantu dalam proses menghilangkan tunggul busuk dari pohon-pohon yang telah tumbang. Meskipun rayap merupakan bagian penting dari ekosistem, namun mereka dapat sangat merugikan karena merusak keindahan furniture yang kita miliki dirumah.



Terdapat dua jenis rayap yang mungkin menyebabkan kerusakan disekitar kita, yaitu rayap tanah dan rayap kayu. Rayap tanah merupakan rayap yang berada di bawah tanah dengan membangun koloni mereka di tanah. Sedangkan rayap kayu tidak memerlukan kontak dengan tanah, namun terdapat disekitar kayu dengan kadar air yang rendah (daerah yang lembab) yang dapat merusak dan meretakkan furniture kayu. Rayap kayu memiliki kecenderungan untuk menyerang potongan-potongan furnitur kayu yang kita miliki, dengan ciri terdapat serbuk gergaji.



Oleh sebab itu betapa pentingnya pemilik furniture kayu agar dapat mengidentifikasi tanda - tanda serangan rayap agar tetap terjaga kualitas dan keindahan dari furniture tersebut. Langkah - langkah yang tepat untuk melindungi rumah kita dari rayap, dan untuk membersihkan rumah kita dari rayap adalah dengan cara dibawah ini:

1.    Mengurangi Kelembaban
Rayap lebih memilih dan hidup di daerah yang lembab dan gelap. Untuk itu tingkatkan ventilasi untuk daerah yang lembab agar daerah yang lembab lebih diminimalisir. Rayap akan sangat rentan terhadap sinar matahari. Maka, pengaturan furniture dapat kita lakukan dengan cara memutar perabotan sesekali untuk memastikan bahwa pancaran panas dari sinar matahari dapat mengenai setiap rayap yang tersembunyi.




2.    Menggunakan Karton Perangkap
Menggunakan perangkap dari karton kardus dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan rayap yang paling alami dan non-toksik. Hal tersebut efektif karena karton mengandung senyawa tertentu yang dikenal sebagai selulosa yang dapat menarik rayap. Terdapat suatu aroma pada karton yang terbukti membuat rayap tidak tahan. Penyemprotan secara ringan pada karton dengan sedikit air akan membuat aroma yang lebih kuat, sehingga rayap akan menjadi lebih tidak tahan. Caranya adalah dengan menempatkan karton lembab yang telah dipotong ke area sasaran pada rayap. Jika rayap sudah terkumpul, kita dapat membuang dan membakarnya.




3.    Menggunakan Parasit Nematoda
Parasit Nematoda adalah sejenis cacing kecil yang dapat memakan makhluk mikroskopis seperti bakteri, serangga kecil (rayap) dan jamur. Hal ini merupakan cara alami yang efektif yang dapat digunakan untuk menghilangkan rayap, karena akan dimakannya. Untuk menemukan parasit Nematoda ini, kita dapat mencari di toko online atau toko pestisida setempat.





4.    Menggunakan Perawatan Botanical
Hal alami lainnya adalah dengan menggunakan minyak jeruk. Minyak jeruk sangat efektif karena mengandung senyawa aktif yang dikenal sebagai d-limonene. Senyawa ini cukup kuat untuk membunuh rayap.





Metode diatas adalah perawatan secara tepat dan cepat untuk kita lakukan sendiri dirumah. Perawatan secara alami dipastikan lebih aman daripada menggunakan bahan kimia. Dari segi keamanan lebih maksimum menggunakan bahan alami dan cara – cara diatas karena kita dapat menghindari penggunaan bahan kimia yang berpotensi membahayakan diri.

1 komentar:

  1. Sebagai tambahan oli juga dapat mengurangi rayap pada setiap indoor dan outdoor furniture.

    BalasHapus